TOUR DE SOLO

Jika anda sedang bingung mencari tempat untuk berwisata, saya sarankan agar anda memilih solo sebagai tujuan wisata yang ideal. Berwisata ke kota Solo tentu anda tak akan merasa puas, jika anda belum mengunjungi Keraton Surakarta  Kasunanan, merupakan warisan budaya dan salah satu bangunan  bersejarah yang telah berusia ratusan tahun lamanya. Itu tidak mengherankan karena Kraton ini dibuat pada tahun 1744, wow dah lama banget ya.

Keraton Surakarta Hadiningrat ini didirikan oleh Pakubuwono I, keraton ini dibangun untuk menggantikan Keraton Kartasura atau yang lebih kita kenal dengan Kerajaan Pajang yang telah rusak. Secara garis besar pembagian Keraton meliputi : Kompleks Alun-alun Lor/Utara, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Sitihinggil Lor/Utara, Kompleks Kamandungan Lor/Utara, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedhaton, Kompleks Kamagangan, Kompleks Srimanganti Kidul/Selatan dan Kemandungan Kidul/Selatan, serta Kompleks Sitihinggil Kidul dan Alun-alun Kidul. Kompleks keraton ini juga dikelilingi dengan baluwarti, sebuah dinding pertahanan dengan tinggi sekitar tiga sampai lima meter dan tebal sekitar satu meter tanpa anjungan.

Kalau dulu kompleks kerajaan hanya boleh untuk bangsawan atau Ningrat dan para abdi dalem, sekarang anda bisa puas menjelajahi semua sudut di Keraton Surakarta ini, hanya dengan merogoh kocek sekitar 5000 rupiah anda dapat masuk dan melihat peninggalan-peninggalan yang tentunya usianya sudah berusia ratusan tahun atau anda juga bisa berfoto dengan teman atau keluarga anda untuk mengabadikan keindahan arsitektur Keraton.

Berwisata tentu tak kan lengkap kalau belum membeli buah tangan untuk sanak keluarga yang telah menunggu dirumah. Berhubung Solo terkenal dengan sebutan Kota Batik, maka oleh-oleh yang cocok adalah Baju Batik. Ada banyak tempat yang menawarkan baju batik, salah satunya adalah Pasar Klewer. Pasar yang dibangun pada tahun           . Hampir semua pedagang di Pasar Klewer menjual Pakaian Batik, harganya pun bervariasi dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Dengan trik-trik jitu, anda bisa mendapatkan pakaian murah dengan kualitas terjamin.

Tak hanya menawarkan wisata sejarah dan oleh-olehnya, Solo juga menawarkan wista kulinernya. Tempat yang bisa anda kunjungi adalah GALABO atau Gladag Langen Bogan, Galabo terletak di sebelah timur Bundaran Gladag tepatnya di depan PGS. Galabo menawarkan berbagai menu masakan, pokoknya komplit deh !. Walaupun hanya menggelar dagangan di pinggir jalan, namun cita rasa masakannya juga nggak kalah dengan restoran, MAK NYUUZZ

Jadi, selamat mencoba dan pastikan anda memilih Kota Solo sebagai tempat untuk berwisata bersama keluarga.