hai guys udah lama bgt ya, gue gak nge post.
ni dia postingan pertama gue setelah sekian puluhan ribu tahun saya vakum –> lebaayy
sebenarnya sih ini tugas bahasa indonesia suruh bikin karangan eksposisi. yaa dari pda ngaggur file nya mending saya pamerin ke kalian hha.

Tips menghindari berantem saat main basket

Olahraga basket merupakan olahraga tubuh yang mengharuskan pemainnya untuk bersentuhan antar pemain. Saat bermain terkadang adu fisik itu terlalu kasar dan berakhir dengan pelanggaran. Tidak berhenti sampai itu saja terkadang pemain yang tak menerima keputusan wasit akan mengumpat kata-kata kasar untuk memprovokasi pertandingan dan melakukan tindak anarki.
Tentu kejadian seperti itu tidak hanya kita jumpai pada permainan basket saja, sebagian besar permainan yang mengharuskan antar pemain terlibat kontra fisik sering terjadi hal tersebut. Nah ini beberapa tips bagi pemain untuk bisa menghindari perkelahian saat bermain basket :
1. Kita main basket
Ingat kata-kata itu, disini kita sedang bermain basket bukannya olahraga silat atau beladiri. Semua pemain sadar akan hal ini, namun terkadang saat permainan berjalan mereka merupakan hal ini. Jadi ingat, Kita Main Basket !
2. Berantem membuat kita terlihat tolol dan bodoh
Tapi lucunya banyak cowok-cowok yang merasa paling keren, paling jago dan paling jantan kalau mereka berani berantem di lapangan. Padahal saat mereka berkelahi mereka terlihat tolol dan bodoh. Kita kembali ke tips pertama, selalu ingat kita sedang bermain basket, jadi disini yang diperhitungkan kemampuan pemain dalam mencetak poin bukan seberapa besar kekuatan kita saat berantem.

3. Hindari berkata kasar
Sering kali pemain yang gagal memasukkan bola akan berkata-kata kasar. Daripada berkata kasar lebih baik mengucapkan astaghfirullah atau Ya Tuhan, lebih berpahala dan mendidik kita menjadi dewasa. Lalu jika bola masuk ucapkanlah Alhamdulillah atau puji Tuhan. Terlihat memalukan dan kampungan ? Justru orang-orang yang mengumpat dan mengeluarkan kata-kata kasar adalah orang yang belum dewasa dan emosinya masih seperti anak-anak.

4. Minta maaf
Minta maaflah jika melakukan suatu pelanggaran. Pelanggaran adalah suatu hal yang yang biasa dalam bermain basket, namun meminta maaf setelah melakukan pelanggaran adalah suatu hal yang luar biasa, itu membuat pemain lawan semakin menghormati kita dan itu bagus untuk kita dan tim kita.
5. Bersikap lapang dada
Keputusan wasit sering tidak dapat diterima oleh para pemain, ini sering berakhir dengan perdebatan bahkan adu fisik. Namun daripada membuang tenaga seperti itu, alangkah lebih baik kita terima keputusan wasit, wasit adalah pimpinan pertandingan jadi sebagai pemain hargailah setiap keputusan wasit. Bersikaplah lapang dada untuk menerima hal itu. Sikap lapang dada dapat kita tunjukan dengan tips keempat yaitu meminta maaf setelah melakukan pelanggaran.
6. Tidak perlu memprovokasi
Provokasi sering terjadi pada pemain yang tidak terima dengan keputusan wasit, ia lalu memprovokasi pemain lain agar membela dirinya. Sungguh hal yang kekanak-kanakan meminta bantuan dengan memprovokasi dan menjatuhkan orang lain. Jika terjadi hal ini ingatlah kembali tips pertama, ini permainan basket permainan adu kemampuan bukan adu mulut, ingatlah kembali tips sebelumnya lapang dada dan meminta maaf adalah solusinya.
7. Sportif
Ini adalah kunci utama dalam tiap bermain basket, tidak hanya basket dalam olahraga apapun kita harus memahami nilai dan arti dari sikap sportifitas dan menerapkannya dalam setiap pertandingan yang kita jalani.

Dengan menerapkan tips-tips di atas dijamin tiap kita bermain basket, permainan itu terasa lebih menyenangkan.