SOAL PEMANTULAN CAHAYA

1.     Bayangan benda bersifat terbalik dan diperbesar 5 kali saat benda itu berada pada jarak 18 cm di depan cermin. Jarak fokus cermin itu adalah ……..

2.     Sebuah benda dengan tinggi 12 cm di depan cermin cembung dengan jari-jari kelengkungan sebesar R= 1 meter. Jika jarak benda = ¼R maka bayangan benda bersifat ..

3.     Seseorang tingginya 160 cm. Jarak dahi ke mata 10 cm. Cermin datar minimal yang diperlukan agar orang tersebut dapat melihat seluruh tinggi badannya adalah ….

SOAL PEMBIASAN CAHAYA

1.     Jika kelajuan cahaya di udara = 3 x 108 m/s, (a.) berapa kelajuannya di medium X dengan indeks bias 2,5 ? (b.)Jika panjang gelombang cahaya di udara= 500 nm, maka berapa frekuensinya saat sinar di medium  X?

2.     Sinar datang dari medium udara ke sisi kaca planparalel dengan sudut datang 60º, indeks bias kaca planparalel=√ 3. Jika tebal kaca planparalel = 3 cm, berapa panjang pergeseran sinar tersebut ketika keluar dari kaca planparalel?

3.     Sebuah akuarium kaca (berbentuk bola) dengan jari-jari   60 cm berisi air dengan indeks bias , dan didalamnya terdapat ikan yang terletak 80 cm dari dinding akuarium (vertex). Seseorang terletak 60 cm di depan dinding akuarium dan melihat ikan.

1. Jika ikan sebagai benda dan orang sebagai pengamat :

a)     Tentukan jarak bayangan ikan terhadap dinding akuarium (vertex) !

b)     Hitunglah jarak bayangan ikan terhadap kedudukan orang!

c)     Carilah perbesaran bayangan ikan yang nampak oleh orang tersebut!

2. Jika orang sebagai benda dan ikan sebagai pengamat, maka :

a.)    Berapa jarak bayangan orang terhadap dinding akuarium (vertex) ?

b.)    Berapa jarak bayangan orang terhadap kedudukan orang!

c.)    Berapa perbesaran bayangan ikan yang nampak oleh orang tersebut!

4.     Sinar cahaya jatuh pada sisi prisma kaca dengan sudut datang 40º. Kemudian, sinar akan keluar dari prisma dan dibiaskan oleh sisi yang lain dengan sudut bias 45º, sudut deviasi yang terbentuk= 25º. Carilah sudut pembias prismanya  (β)!

 

5.     Sinar jatuh pada sisi prisma dengan sudut datang 30º. Kemudian, sinar keluar dari prisma dengan sudut bias 60º, sudut deviasi yang terbentuk= 20º. Carilah sudut puncak pada prisma  (β)!

6.     Prisma di udara memiliki sudut deviasi minimum  60º  ketika berkas sinar cahaya keluar darinya dengan sudut bias terakhir 60º.  Berapa indeks bias prisma tersebut?

7.     Prisma kaca yang memiliki sudut pembias β =45º berada di udara. Hitunglah indeks bias prisma minimum agar sinar yang datang tegak lurus ke salah satu prisma akan dipantulkan sempurna (total) oleh sisi prisma yang lain saat akan keluar dari prisma itu seperti pada gambar berikut!

β

 

 

 

 

 

8.     Sebuah benda diletakkan di dasar bejana yang berisi air dengan kedalaman 40 cm. Jika indeks bias air , tentukan kedalaman bayangan benda yang nampak !

9.     Akuarium bola dengan jari-jari 50 cm dan berisi air dengan indeks bias  dan di dalamnya terdapat ikan yang terletak 30 cm dari dinding akuarium. Seseorang berada 80 cm di depan dinding melihat ikan itu.

a.     Dimanakah bayangan orang yang terlihat oleh ikan?

b.     Dimanakah bayangan ikan yang terlihat oleh orang?

SOAL –SOAL PEMBIASAN CAHAYA PADA LENSA

1.     Sebuah lensa bikonveks mempunyai indeks bias = 1,5 dan jari-jari kelengkungan = 30 cm dan 20 cm. Lensa tersebut berada di udara.

a.     Berapa jarak fokus lensa itu?

b.     Tentukan kekuatan lensa tersebut!

c.     Jika sebuah benda diletakkan 40 cm di depan permukaan lensa dengan jari-jari kelengkungan 30 cm, hitunglah jarak bayangannya dan perbesarannya

d.     Jika lensa tersebut dibawa ke medium X berindeks bias 1,2 ; jarak fokusnya menjadi berapa?

2.     Sebuah lensa dengan indeks bias 1,5 memiliki kekuatan +20 dioptri saat di udara. Berapa indeks bias medium  yang baru agar kekuatan lensanya menjadi -10 dioptri?

3.     Dua buah lensa memiliki jarak fokus masing-masing 40 cm dan 20 cm. Kedua lensa digabungkan sehingga permukaannya saling berimpit satu sama lain.

a.     Tentukan jarak fokus lensa gabungan tersebu t!

b.     Hitunglah kekuatan lensa gabungan tersebut dalam satuan dioptri !

4.     Sebuah lensa cembung dengan jarak fokus 15 cm menghasilkan bayangan maya yang diperbesar lima kali lebih besar dari pada ukuran bendanya. Tentukan jarak benda dari lensa dan gambarlah pembentukan bayangan dari lensa itu!

5.     Jarak fokus dari sebuah lensa cekung adalah 25 cm. Jika sebuah benda dengan tingginya 5 cm terletak 30 cm di depan lensa itu, hitunglah jarak bayangan dan tinggi bayangannya!

 

SOAL ALAT-ALAT OPTIK

1.     Batas penglihatan seseorang = x, dimana . Tentukan kekuatan lensa kaca mata yang digunakan agar dapat melihat dengan normal!

2.     Fokus Lup = 0,05 cm. Tentukan perbesaran anguler lup (Ma) jika mata normal dan berakomadasi pada jarak 25 cm!

3.     Panjang mikroskop 21,4 cm ; fob=4 mm; fok =5 cm. Pada jarak berapa letak benda dari lensa objektif jika pengamatan oleh mata normal tanpa akomodasi !

4.     Teropong untuk mengamati bintang punya Pob=+0,5 D Pok=+4D.Hitung panjang teropong jika mata normal berakomodasi maksimum !

5.     Perbesaran teropong tanpa akomodasi= 8 kali. Jika Pob=+0,5D. Jika kekuatan lensa okuler bernilai positif, tentukan panjang teropong jika mata normal berakomodasi maksimum!